Pages

Muhamad Masikin's Slidely by Slidely Slideshow

Rabu, 13 November 2013

Komunikiasi Bisnis

A.Pendahuluan
          Komunikasi merupakan hal yang biasa sudah di lakukan oleh manusia baik itu oleh anak kecil maupun orang dewasa, baik pormal maupun non pormal hal ini tentunya menjadi seni tersendiri ketika seorang berkomunikasi dengan gayanya masing-masing, dengan demikian apa maksud dari penulis untuk menulis makalah yang berjudul "Pemahaman dasar Komunikasi bisnis"ini, penulis mengharapkan sebuah pemahaman kepada pembaca bahwa komuniaksi yang kita lakkukan sehari-hari ada kalanya baik dan ada kalanya kurang baik hal ini tentu menjadi menarik ketika ketika memahami arti dari komunikasi itu sendiri.
          Perkembangan jaman dan teknologi menuntut kita untuk berinteraksi dengan orang lain yang note bone nya kadang lintas negara, budaya, adat istiadat bahkan agama, hal ini tentu menjadi problem manakala kita tidak menguasai komunikasi , karena kalau kita tidak memahami komunikasi bisa menyebabkan orang berselisih, saling mencurigai bahkan terjadi konplik. Dalam era global khususnya di dunia bisnis kecakapan dalam konukasi sangat di butuhkan sekali karena dengan komunikasi yang baik maka orang akan lebih loyal dan lebih percaya kepada kita.
          Saat ini komunikasi yang kita lakukan ada dua macam, baik  secara langsung maupun tidak secara langsung. Yang langsung contohnya kita diskusi, di dalam rapat dan lainnya, contoh yang tidak langsung yakni dengan melalui radio, televisi, dan lainnya. Kemampuan seoarang dalam berkomunikasi bermacam-macam tergantung dari pada kebiasaan seorang dalam berinteraksi dan pengalamannya  dalam konikasi. Pada intinya kita perlu mengetahui terlebih dahulu teori secara singkat dan memahaminya dengan baik sehingga di harapkan kita mampu mengimplementasikannya di dalam keseharian kita dengan orang lain.
          Pola perilaku manusia yang tidak didasari dengan komuniaksi yang baik akan menjadikan manusia itu tertinggal karena kita akan memperoleh informasi yang benar manakala kita bisa berkomunikasi dengan baik. Negara-negara maju sudah terlebih dahulu memanfaatkan komunikasi sebagai salah satu strategi dalam berbisnis sehingga ia mampu bersaing dengan negara-negara yang lain.
         
!.1. Pengertian Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari kata Latin  Communicare atau Communis yang berarti  sama  atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain, berarti  kita berusaha agar  apa yang disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya.
Beberapa definisi komunikasi adalah:
a).Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung  arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh  pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi  (Astrid).
b).Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
c).Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (Davis, 1981).
d).Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)
e).Komunikasi  adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain, komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT, Lembaga Administrasi).
1.2.    Komponen-Komponen Komunikasi
a).Sumber (source)/  
        Sumber (source) adalah pemerkasa suatu pesan.
b).Penyandian
          Penyandian adalah suatu proses atau tindak penyeleksian simbol-simbol yang mewakili pikiran seseorang. Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya dapat    dipahami oleh  orang lain. Biasanya seorang manajer menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan  penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku atau menunjukkan arah tertentu
 c).Umpan balik
               Setiap pesan  verbal atau nonverbal yang di kirimkan kembali kepada sumber yang berhubungan dengan pesan  sumber. Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi  kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting  bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikan dapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan penerima pesan. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan langsung  yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak
Balikan yang diberikan oleh orang lain  didapat dari pengamatan pemberi balikan  terhadap perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan  menggambarkan perilaku penerima pesan  sebagai reaksi  dari pesan  yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikan informasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkan  kepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.

d).  Umpan depan
          adalah informasi penghantar mengenai komunikasi masa mendatang yang meliputi pesan-pesan verbal. 
e). Penguraian sandi
               adalah proses pemberian arti terhadap simbol-simbol yang di terima. Setelah  pesan diterima  melalui indera (telinga, mata dan seterusnya) maka  si penerima pesan  harus dapat mengartikan  simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga dapat dimengerti /dipahaminya.
f). Gangguan
      Gangguan bukan merupakan bagian dari proses komunikasi  akan tetapi mempunyai pengaruh dalam  proses komunikasi, karena pada setiap situasi hampir selalu ada hal yang mengganggu kita. Gangguan adalah  hal yang  merintangi atau menghambat  komunikasi  sehingga penerima salah menafsirkan pesan  yang diterimanya.


g).Konteks
    seluruh komunikasi terjadi dalam suatu konteks, yang meliputi konteks fisik, konteks sosio-psikologi, konteks waktu dan tempo.
h).Saluran
    adalah media tempat pesan-pesan disampaikan biasanya.
i).Penerima
    adalah orang yang menerima simbol-simbol
1.3. Proses Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu proses yang mempunyai komponen dasar  sebagai berikut :
Pengirim Pesan
Pengirim Pesan
Pengirim Pesan
 


Semua fungsi manajer melibatkan  proses komunikasi. Proses komunikasi  dapat dilihat pada skema dibawah ini : 

Gangguan
Gangguan
 Balikan
Pengirim Pesan
Penerima Pesan
 





                                                                                                        

 



Simbol/Isyarat
Mengartikan Kode/Pesan
Media
(Saluran)

( Saluran )
 



1.4. Jenis Komunikasi
Pada dasarnya komunikasi digunakan untuk menciptakan atau meningkatkan aktifitas hubungan antara manusia atau  kelompok
Jenis komunikasi terdiri dari:
1).Komunikasi verbal dengan kata-kata
2).Komunikasi non verbal disebut dengan bahasa tubuh

1.     Komunikasi Verbal mencakup aspek-aspek berupa ;
a.    Vocabulary (perbendaharaan kata-kata). Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.
b.    Racing (kecepatan). Komunikasi akan lebih efektif  dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
c.    Intonasi suara: akan mempengaruhi arti pesan  secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya  bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
d.    Humor: dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan  stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan  satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
e.    Singkat dan jelas. Komunikasi  akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.
f.     Timing (waktu yang tepat) adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang  bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.

2.     Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata  dan komunikasi non verbal memberikan arti  pada komunikasi verbal.
Yang termasuk komunikasi non verbal :
a.       Ekspresi wajah  
Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.
b.      Kontak mata, merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi  atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan  bukan sekedar mendengarkan. Melalui kontak mata  juga memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasi yang lainnya
c.       Sentuhan  adalah bentuk komunikasi personal  mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari pada komunikasi verbal. Beberapa pesan  seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang  atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.
d.      Postur tubuh dan gaya berjalan. Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.
e.       Sound (Suara). Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan  juga salah satu ungkapan  perasaan  dan pikiran  seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi  non verbal lainnya  sampai desis  atau suara  dapat menjadi pesan yang sangat  jelas.
f.       Gerak isyarat, adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi  seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan  selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan  stress  bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress
1.5.  Etika  Dalam Komunikasi
Berikut di bawah ini adalah beberapa etika dalam berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari :
1). Jujur tidak berbohong
2).Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan
3).Lapang dada dalam berkomunikasi
4).Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
5).Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
6).Tidak mudah emosi / emosional
7).Berinisiatif sebagai pembuka dialog
8).Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
9).Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan
10). Bertingkahlaku yang baik
          Contoh Teknik Komunikasi Yang Baik adalah Sbb:
- Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan
- Gunakan bahawa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara
- Menatap mata lawan bicara dengan lembut
- Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
- Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar
- Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
- Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
- Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
- Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
- Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara.
- Menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik.
- Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku seperti berjabat tangan, merunduk, hormat, ces, cipika cipiki (cium pipi kanan - cium pipi kiri)
- Dan lain sebagainya.
1.6. Bentuk Komunikasi

Komunikasi  sebagai proses memiliki bentuk :

1.   Bentuk Komunikasi berdasarkan
a.       Komunikasi langsung
Komunikasi langsung tanpa mengguanakan alat.
Komunikasi berbentuk kata-kata, gerakan-gerakan yang berarti khusus dan penggunaan isyarat,misalnya kita berbicara langsung kepada seseorang dihadapan kita.

        A--------àß-----------B



b.      Komunikasi tidak langsung
Tempat Sampah
Biasanya menggunakan alat dan mekanisme untuk melipat gandakan jumlah penerima  penerima pesan (sasaran) ataupun untuk menghadapi hambatan geografis, waktu misalnya menggunakan radio, buku, dll.

          Contoh : “ Buanglah sampah pada tempatnya"                     



2.   Bentuk komunikasi berdasarkan  besarnya sasaran :
a.       Komunikasi massa, yaitu komunikasi  dengan sasarannya kelompok orang dalam jumlah yang besar, umumnya tidak dikenal.
Komunikasi masa yang baik  harus :
Pesan disusun  dengan jelas, tidak rumit  dan tidak bertele-tele
Bahasa yang mudah dimengerti/dipahami
Bentuk gambar yang baik
Membentuk kelompok khusus, misalnya kelompok pendengar (radio)

b.      Komunikasi kelompok
Adalah komunikasi yang sasarannya sekelompok orang yang umumnya dapat dihitung dan dikenal dan merupakan komunikasi langsung dan timbal balik.

                         Perawat----- ®  ¬ ------Pengunjung puskesmas

c.       Komunikasi perorangan.
Adalah  komunikasi dengan tatap muka dapat juga melalui telepon.

                      Perawat----- ®   ¬ ------Pasien


3.   Bentuk komunikasi berdasarkan arah pesan :

  1. Komunikasi satu arah
Pesan  disampaikan oleh sumber kepada sasaran  dan sasaran tidak dapat  atau tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan umpan balik atau bertanya, misalnya radio.
A  ------------------® B                                                                                                                                                          

b.   Komunikasi timbal balik.
Pesan disampaikan kepada sasaran  dan sasaran memberikan umpan balik. Biasanya  komunikasi kelompok atau perorangan merupakan komunikasi timbal balik
C. Kesimpulan
Komunikasi dirumuskan sebagai suatu proses penyampaian pesan/informasi diantara beberapa orang. Karenanya komunikasi  melibatkan  seorang pengirim, pesan/informasi saluran dan penerima pesan yang mungkin juga memberikan umpan balik kepada pengirim untuk menyatakan bahwa pesan telah diterima. Komunikasi adalah suatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam berkomunikasi seseorang harus memiliki dasar sebagai berikut; niat, minat, pandangan, lekat, libat. Dalam proses komunikasi kita juga harus ingat bahwa ada hambatan yaitu baik dari pengirim, saluran, penerima  dan umpan balik serta hambatan  fisik  dan psikologis.

Tujuan komunikasi adalah  berhubungan  dan mengajak dengan orang lain untuk mengerti apa yang kita sampaikan  dalam mencapai tujuan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan dalam bekerja sama dengan orang lain. Ada dua jenis komunikasi,  yaitu verbal dan non verbal, komunikasi verbal meliputi kata-kata yang diucapkan  atau tertulis, sedangkan komunikasi non verbal meliputi bahasa tubuh. Menurut bentuk komunikasi, ada yang disebut komunikasi satu arah  dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah berarti  sebuah pesan  dikirim dari pengirim  ke penerima  tanpa ada umpan balik. Komunikasi dua arah  terjadi bila pengiriman pesan dilakukan dan mendapatkan  umpan balik. Komunikasi berdasarkan  besarnya sasaran terdiri  dari komunikasi  massa, komunikasi kelompok, dan komunikasi perorangan. Sedangkan komunikasi berdasarkan arah pesan  terbagi atas; komunikasi satu arah dan komunikasi timbal balik.







                                                                                        






















DAFTAR PUSTAKA
Curtis, dkk.1998. Komunikasi Bisnis dan Profesionalitas.Bandung: Remaja Rosdakarya offes
Http//.WWW.Organisasi.Org
Http//.WWW.Wikipedia.com

0 komentar:

Posting Komentar